PENGEMBANGAN APLIKASI LOCATION-BASED AUGMENTED REALITY BERBASIS ARCORE GEOSPATIAL API UNTUK PENGENALAN WARISAN BUDAYA DAN SEJARAH PURI KANGINAN BULELENG

Surya, I Putu Bayu Ananta (2026) PENGEMBANGAN APLIKASI LOCATION-BASED AUGMENTED REALITY BERBASIS ARCORE GEOSPATIAL API UNTUK PENGENALAN WARISAN BUDAYA DAN SEJARAH PURI KANGINAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115051019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115051019-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115051019-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mengenalkan warisan budaya dan sejarah merupakan tantangan yang membutuhkan sumber daya besar seperti dana, media, dan tenaga manusia, namun sering terkendala dalam implementasinya. Pada era digital, teknologi location-based Augmented Reality (LAR) menjadi solusi optimal untuk menghadirkan pengalaman berkunjung yang lebih interaktif dan atraktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi location-based Augmented Reality berbasis ARCore Geospatial API untuk pengenalan warisan dan budaya Puri Kanginan Buleleng. Metode penelitian menggunakan SDLC dengan model Waterfall yang terdiri dari tahap analisis, desain, implementasi, testing, deployment, dan maintenance. Aplikasi berfungsi sebagai pemandu wisata yang mengarahkan pengguna, serta menampilkan konten informasi 3D, video, dan animasi. Pengembangan aplikasi menggunakan software Unity 3D untuk pembuatan aplikasi, dan Blender 3D untuk pembuatan model 3D. Konten didukung suara narasi, dan teks dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Hasil penelitian diperoleh dari empat pengujian. Blackbox testing menunjukkan seluruh skenario berjalan sesuai harapan. Uji Ahli Isi dan Uji Ahli Media memperoleh kualifikasi “Sangat Tinggi” dengan kriteria “Sangat Valid”. Uji Respon Pengguna dengan UEQ terhadap 50 responden pengunjung puri menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh penilaian yang sangat baik pada enam dimensi yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Setiap dimensi memperoleh kategori benchmark “excellent”, sehingga aplikasi dinilai mudah dipahami, informatif, efisien, dan memberikan pengalaman pengguna yang menarik serta inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Location-Based Augmented Reality, ARCore Geospatial API, Warisan Budaya dan Sejarah, Puri Kanginan Buleleng
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Putu Bayu Ananta Surya
Date Deposited: 19 Dec 2025 04:16
Last Modified: 19 Dec 2025 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27409

Actions (login required)

View Item View Item