Mega Widiawati, Ni Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO- VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS III KECAMATAN TEMBUKU KABUPATEN BANGLI 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031256-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031256-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031256-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB II PEMBAHASAN)
1611031256-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031256-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031256-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031256-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031256-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031256-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Gugus III Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiemen (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian post test only control group desain. Populasi dari penelitian ini berjumlah 182 siswa. Sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan udian secara acak, yang dipilih dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan undian diperoleh hasil bahwa kelas IV SDN 5 Yangapi sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 4 Yangapi sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan istrumen penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda sebanyak 35 butir. Metode dan teknik analisis data melalui uji statistik deskritif, uji prasyarat, dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Gugus III Kecamatan Tembuku. Kabupaten Bangli. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dengan dk =42 diperoleh thitung>ttabel(4,212>2,018) yang berarti H0 ditolak sedangkan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, media, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Mega Widiawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2975 |
Actions (login required)
View Item |