PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN KARTU GERAK TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 SINGARAJA

Mahayoni, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN KARTU GERAK TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011011-COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011011-ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011011-BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011011-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1616011011-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011011-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011011-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011011-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan kartu gerak terhadap hasil belajar aktivitas pengembangan, dan 2) mendeskripsikan pendapat peserta didik terhadap penggunaan media kartu gerak pembelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan eksperimen sungguhan (true eksperimental), rancangan postest only control group design. Populasi terdiri dari peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja berjumlah 136 orang. Sampel penelitian berjumlah 64 orang, menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian memuat aspek pengetahuan berupa tes pilihan ganda aktivitas pengembangan PJOK dan Aspek keterampilan berupa unjuk kerja sesuai Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Usia 13-15 Tahun. Pendapat siswa terangkum pada kuisioner Formative Class Evaluation (FCE). Hasil penelitian menunjukkan thitung 5.607 lebih besar dari nilai ttabel 1.670, dan skor FCE mencapai 3,00 termasuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan: 1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan kartu gerak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar aktivitas pengembangan peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja, dan 2) peserta didik berpendapat memperoleh sesuatu yang mengesankan, memperoleh pengalaman gerak baru, melakukan tugas gerak dengan sungguh-sungguh dan melakukan pembelajaran dengan perasaan senang. Disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan kartu gerak pada pembelajaran aktivitas pengembangan PJOK SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kooperatif TPS, kartu gerak, aktivitas pengembangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Ni Made Mahayoni
Date Deposited: 29 Jul 2020 00:58
Last Modified: 29 Jul 2020 00:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item