PROFIL MODEL MENTAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUTA TENTANG MATERI IKATAN ION DAN KOVALEN

Pristya, Kadek Ayu Ujiartini (2020) PROFIL MODEL MENTAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUTA TENTANG MATERI IKATAN ION DAN KOVALEN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313031036-COVER.pdf

Download (443kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313031036-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313031036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313031036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1313031036-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313031036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313031036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313031036-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan profil model mental siswa SMA Kelas X SMA Negeri 2 Kuta tentang ikatan ion dan kovalen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis deskriptif dan melibatkan 46 orang siswa sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dua tingkat. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif melibatkan hubungan antara jawaban siswa dan argumentasinya dengan melibatkan tiga level kimia. Hasil penelitian menunjukkan profil model mental siswa kelas X tentang ikatan ion dan kovalen adalah 8,94% tergolong model mental ilmiah dan 91,06% model mental alternatif, yang terdiri atas 90,58% model mental benar sebagian dan 0,48% mengalami miskonsepsi khusus. Berdasarkan hasil temuan tersebut, sebagian besar siswa belum memiliki model mental yang utuh untuk memahami materi ikatan ion dan kovalen. Dengan demikian, rendahnya model mental ilmiah siswa menuntut guru agar melakukan remidiasi, khususnya pada pemahaman level submikroskopis agar siswa mampu membangun model mentalnya secara utuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model mental, tes dua tingkat, ikatan ion dan kovalen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Ujiartini Pristya
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:29
Last Modified: 30 Jul 2020 03:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item