PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA SUB POKOK BAHASAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA

Suputra, I Komang Hery Abdi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA SUB POKOK BAHASAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051087-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051087-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051087-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051087-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Augmented Reality Perakitan Komputer pada platform android, sebagai salah satu media untuk mempermudah dan memberikan daya tarik tersendiri dalam pemahaman materi perakitan komputer pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar SMK TI Bali Global Singaraja. Pengembangan aplikasi Augmented Reality Perakitan Komputer menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada model ini dilakukan proses evaluasi disetiap tahap-tahap yang dilalui secara terus-menerus sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa aplikasi Augmented Reality Perakitan Komputer yang dapat digunakan melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa, aplikasi Augmented Reality Perakitan Komputer termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji black-box diperoleh presentase keberhasilan 100%, uji white-box diperoleh presentase keberhasilan 100%, uji ahli isi persentase keseluruhan penilaian yaitu 95,5%, uji ahli media diperoleh persentase keseluruhan penilaian yaitu 94%, uji usability diperoleh presentase keberhasilan 89,7%, uji efektivitas diperoleh presentase keberhasilan 62,18% yang termasuk dalam kategori sedang, dan untuk uji respon pengguna dengan metode UEQ memperoleh hasil sangat baik. Kata Kunci : augmented reality, media pembelajaran, perakitan komputer, android

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, media pembelajaran, perakitan komputer, android.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Komang Hery Abdi Suputra
Date Deposited: 24 Oct 2019 05:33
Last Modified: 24 Oct 2019 05:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item