Ariyati, Puji (2020) Ariyati, Puji (2020) Pengaruh Problem Based e-Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071021-ABSTRAK.pdf Download (653kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (636kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (611kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071021-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model Problem-Based e-Learning (PBeL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam pembelajaran Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pre-test post-test non-ekuivalen control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 3 kelas (95 siswa) kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas (64 siswa) yang ditetapkan menggunakan teknik group random sampling, yang selanjutnya ditetapkan pula secara random untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data prestasi belajar Kimia dikumpulkan dengan tes pilihan ganda diperluas. Analisis data menggunakan uji statistik Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Kimia secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F=26,363; p<0,05) (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis Kimia antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F=36,278; p<0,05) (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar Kimia antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F =9,859; p<0,05). Model PBeL berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan DeL terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Kimia peserta didik kelas X SMAN 1 Bebandem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based e-learning, direct e-learning, keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Puji Ariyati |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3869 |
Actions (login required)
View Item |