Ariyati, Puji (2020) Pengaruh Problem Based e-Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMA

Ariyati, Puji (2020) Ariyati, Puji (2020) Pengaruh Problem Based e-Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829071021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071021-ABSTRAK.pdf

Download (653kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071021-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model Problem-Based e-Learning (PBeL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar dalam pembelajaran Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pre-test post-test non-ekuivalen control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 3 kelas (95 siswa) kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas (64 siswa) yang ditetapkan menggunakan teknik group random sampling, yang selanjutnya ditetapkan pula secara random untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data prestasi belajar Kimia dikumpulkan dengan tes pilihan ganda diperluas. Analisis data menggunakan uji statistik Multivariat Analysis of Covarian (MANCOVA) satu jalur. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Kimia secara bersama-sama antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F=26,363; p<0,05) (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis Kimia antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F=36,278; p<0,05) (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar Kimia antara peserta didik yang belajar dengan model PBeL dan yang belajar dengan model DeL (F =9,859; p<0,05). Model PBeL berpengaruh lebih besar dibandingkan dengan DeL terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar Kimia peserta didik kelas X SMAN 1 Bebandem.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: problem based e-learning, direct e-learning, keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Puji Ariyati
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:38
Last Modified: 04 Aug 2020 04:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item