Juliantari, Ni Kadek (2020) Program Literasi dalam Konteks Bilingual: Analisis Multimodel dan Dampak Implementasi. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1839021003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1839021003-ABSTRAK.pdf Download (706kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1839021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1839021003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan, menganalisis, dan mengonstruksi konsep/teori tentang program literasi dalam konteks bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Bali) pada STKIP-AH ditinjau dari model pengembangan literasi, konteks, input, proses, dan produk, serta (2) dampak implementasi program literasi dalam konteks bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Bali) terhadap keterampilan literasi dunia nyata, kreativitas berbahasa, pilihan bahasa, dan sikap bahasa, serta aktivitas berbahasa pada era digital. Penelitian ini menggunakan desain grounded theory. Data yang dikumpulkan berupa data implementasi program literasi dan dampaknya terhadap keterampilan literasi dunia nyata, kreativitas berbahasa, pilihan bahasa, dan sikap bahasa, serta aktivitas berbahasa pada era digital. Data dikumpulkan melalui observasi, studi dokumen, angket, dan wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan melihat kecenderungan yang terjadi pada setiap data yang diperoleh untuk digunakan dasar melakukan interpretasi dan menarik simpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program literasi di STKIP-AH dilaksanakan melalui 3 (tiga) model, yakni generic model, embedded model, dan literacies model. Perbedaan ketiga model ini terletak pada kebijakan, input, proses, dan produk yang dihasilkan. (2) Pelaksanaan program literasi dalam konteks bilingual dengan berbagai model itu berdampak pada literasi dunia nyata mahasiswa, kreativitas berbahasa, pilihan bahasa, dan sikap bahasa, serta terjadinya disrupsi linguistik pada era digital. Kata kunci: bilingual, kreativitas berbahasa, literasi dunia nyata, model literasi, pilihan bahasa, sikap bahasa
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | Program literasi, konteks bilingual, bahasa Indonesia, bahasa Bali |
Uncontrolled Keywords: | bilingual, kreativitas berbahasa, literasi dunia nyata, model literasi, pilihan bahasa, sikap bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S3) |
Depositing User: | Ni Kadek Juliantari |
Date Deposited: | 08 Aug 2020 08:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2020 08:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3929 |
Actions (login required)
View Item |