Pengenalan Rumah Adat Bali Berbasis Augmented Reality

Yasa, Komang Andrew Tri Yoga (2020) Pengenalan Rumah Adat Bali Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1705021011-COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1705021011-ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1705021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1705021011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1705021011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1705021011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1705021011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1705021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1705021011-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Augmented Reality ini dibuat bertujuan untuk memberikan pengetahuan maupun informasi mengenai Rumah Adat Bali yang berdasarkan asta kosala kosali. Informasi mengenai rumat adat bali diperoleh dari metode kajian pustaka merupakan suatu daftar referensi dari jenis buku, jurnal atau internet. Metode yang diterapkan dalam pembuatan media pengenalan rumah adat bali mengadopsi metode SDLC, dalam pengembangan dan pengujiannya. Pada pengembangan aplikasi mengunakan beberapa software dalam pengembangannya Unity dibantu dengan Vuforia sebagai pengelola database untuk pembuatan aplikasi Augmented Reality, CoreDraw untuk pembuatan desain background beserta tombol-tombol, dan Sketchup sebagai pembuatan objek 3 Dimensi. Hasil dari pengembangan teknologi ini berupa aplikasi mobile android. Tahap pengujian menggunakan User experience merupakan salah satu tolok ukur kualitas suatu produk terhadap media aplikasi. Pengujian user experience pada media pengenalan rumah adat bali. Pengujian dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire Short (UEQS). Aplikasi ini diharapkan membantu memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi mengenai rumah adat bali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rumah Adat Bali, Vuforia Volcomm , Unity, Augmented Reality.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: Komang Andrew Tri Yoga Yasa
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:56
Last Modified: 19 Aug 2020 05:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item