PENGARUH CONTENT KNOWLEDGE (CK), PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK), DAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Shantiyana, I Nyoman Mei Adi (2019) PENGARUH CONTENT KNOWLEDGE (CK), PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK), DAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723011014-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723011014-ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011014-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011014-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011014-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723011014-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

CK dan PCK dari seorang guru matematika dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, serta SRL siswa akan membuat siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. CK, PCK, dan SRL siswa merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh CK terhadap SRL siswa, (2) pengaruh PCK terhadap SRL siswa, (3) pengaruh CK terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) pengaruh PCK terhadap hasil belajar matematika siswa, (5) pengaruh SRL siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (6) pengaruh CK terhadap hasil belajar matematika siswa melalui SRL siswa, serta (7) pengaruh PCK terhadap hasil belajar matematika siswa melalui SRL siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif (Mixed Methods) dengan menggunkan desain explanatory sequential. Populasi penelitian ini adalah semua guru matematika dan siswa kelas VIII SMP Negeri di Ibu Kota Kabupaten Tabanan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel guru ditentukan dengan teknik purposive sampling dan sampel siswa dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan tes, angket, lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelian ini adalah pada kelas VIII SMP Negeri di Ibu Kota Kabupaten Tabanan tahun ajaran 2018/2019 sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh CK terhadap SRL siswa, (2) tidak terdapat pengaruh PCK terhadap SRL siswa, (3) terdapat pengaruh CK terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) terdapat pengaruh PCK terhadap hasil belajar matematika siswa, (5) terdapat pengaruh SRL siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (6) tidak terdapat pengaruh CK terhadap hasil belajar matematika siswa melalui SRL siswa, serta (7) tidak terdapat pengaruh PCK terhadap hasil belajar matematika siswa melalui SRL siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, Self-Regulated Learning, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: I NYOMAN MEI ADI SHANTIYANA
Date Deposited: 22 Oct 2019 06:59
Last Modified: 22 Oct 2019 06:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item