A Comparative Study of Deixis Used by Foreign and Local English Teachers in an EFL Context of Vocational High School in Bali

Mayori, Ni Wayan Winda (2020) A Comparative Study of Deixis Used by Foreign and Local English Teachers in an EFL Context of Vocational High School in Bali. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081021-COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081021-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081021-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Deiksis adalah satu-satunya cara yang jelas di mana hubungan antara bahasa dan konteks tercermin dan digunakan oleh orang-orang untuk menyampaikan makna tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis deiksis, menganalisis tipe deiksis dominan, dan menjelaskan alasan di balik penggunaan deiksis oleh guru bahasa Inggris asing dan lokal. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, khususnya studi pragmatik. Objek penelitian ini adalah ucapan guru Bahasa Inggris asing dan lokal di SMK Werdhi Sila Kumara. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri dan data diperoleh melalui observasi kelas dengan rekaman audio, rekaman video, dan, pencatatan dan wawancara tidak terstruktur. Data ditranskripsi ke dalam bentuk tertulis, dipilih agar sesuai dengan tujuan penelitian, dicatat ke dalam lembar data, ditafsirkan dan dianalisis dengan menggunakan teori deixis Levinson. Triangulasi metodologi dan investigator digunakan untuk memeriksa kelayakan data. Temuan menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris asing dan lokal menerapkan lima jenis deiksis dalam ucapan mereka, yaitu deiksis orang, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial. Selain itu, 1474 kata deiktik diucapkan oleh guru bahasa Inggris asing dan jenis deiksis yang paling dominan adalah deiksis orang 67,8% karena deiksis orang memiliki korelasi dengan sudut pandang orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga dalam ucapan guru bahasa Inggris, deiksis wacana 189 kata (12,8%), tempat deiksis 184 kata (12,5%), deiksis waktu 86 kata (5,8%), dan deiksis sosial 16 kata (1,1%). Sementara, ada 396 kata dari total kata deiksis yang diucapkan oleh guru bahasa Inggris setempat. Jenis deiksis yang paling banyak digunakan oleh guru bahasa Inggris setempat adalah deiksis orang 69,7% karena guru menggunakan deiksis hampir di setiap saat, wacana deiksis 50 kata (12,6%), deiksis waktu 31 kata (7,8%), tempat deiksis 26 kata (6,6%), dan deiksis sosial 13 kata (3,3%). Alasan di balik penggunaan deiksis oleh guru bahasa Inggris asing dan lokal menunjukkan bahwa kedua guru bahasa Inggris memiliki alasan yang berbeda di balik penggunaan kata deiksis seperti cang, ragane, Mr, kita, dll. Kedua guru bahasa Inggris tersebut menggabungkan bahasa mereka dalam proses belajar-mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, Deiksis, Budaya, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Wayan Winda Mayori
Date Deposited: 22 Oct 2020 00:19
Last Modified: 22 Oct 2020 00:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item