PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

Astuti, Kadek Yuni (2020) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011040-COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011040-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011040-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan intrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) berupa soal uraian pada materi limit fungsi aljabar yang valid dan reliabel serta mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja dan XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja. Metode yang digunakan yaitu metode Risearch dan Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Tessmer. Prosedur pengembangan intrumen yang dilakukan terdiri atas empat tahap yaitu preliminary, self evaluation, tahap prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group) serta field test. Subjek dari penelitian ini yaiti siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja dan XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja yang dimana jumlah subjek sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian memenuhi kategori valid dengan menggunakan lembar validasi yang dikoreksi oleh 5 pakar ahli, dengan pemberian tes yang dilakukan dua kali diperoleh reliabilitas soal sebesar 0,75720 yang menyatakan bahwa reliabilitas butir soal tinggi, daya beda butir soal menunjukkan 30% berkatagori sangat baik dan sisanya kategori cukup, indeks kesukaran menunjukkan 80% soal berkatogori sedang dan sisanya kategori sukar. Analisis data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh bahwa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja sebesar 41,51% dan kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja sebesar 50,90%. Dengan demikian instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir tingkat tinggi, limit fungsi aljabar, pegembangan tes
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Yuni Astuti
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:50
Last Modified: 20 Oct 2020 02:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item