PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA TIPE SIDE SCROLLING GAME BERBASIS METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN ALJABAR SISWA SMP KELAS VII

Dewi, Putu Ayu Kusuma (2020) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA TIPE SIDE SCROLLING GAME BERBASIS METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN ALJABAR SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011037-COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011037-ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613011037-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (436kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613011037-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613011037-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011037-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1613011037-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011037-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game edukasi tipe Side Scrolling Game serta mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan dari game edukasi yang berjudul “NINJA: The Battle of Math”. NINJA: The Battle of Math merupakan media pembelajaran matematika pada materi aljabar kelas VII dengan menerapkan metode drill. Prosedur yang diterapkan dalam pengembangan game edukasi ini merupakan sebagian dari 4-D model yang terdiri dari define, design dan develop. Game edukasi tipe Side Scrolling Game yang dikembangkan terdiri dari empat level dengan sub materi serta tantangan yang berbeda-beda. Uji validitas game edukasi ini melibatkan empat ahli yaitu dua orang sebagai ahli media pembelajaran dan dua orang sebagai ahli materi. Uji coba terbatas dilakukan secara daring pada 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja untuk mengetahui tingkat kepraktisan game edukasi yang dikembangkan. Hasil uji validitas dan kepraktisan dari game edukasi ini diperoleh skor berturut-turut 2,75 dengan kriteria valid dan 4,55 dengan kriteria sangat tinggi. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa game edukasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi aljabar kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Game Edukasi, Metode Drill, Side Scrolling Game
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Ayu Kusuma Dewi
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:23
Last Modified: 22 Oct 2020 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item