Wijayanti, Ni Luh Putu Sarita (2020) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011032-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011032- ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011032- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika model PISA untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah bagi siswa SMP. Soal yang dikembangkan terdiri dari 12 butir soal, yang disesuaikan dengan karakteristik soal model PISA. Pada penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model formative research yang terdiri dari preliminary, self evaluation, prototyping dan field test . Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji validitas isi yang dilakukan oleh 5 orang pakar ahli, uji validitas butir, uji reliabilitas, analisis daya beda dan indeks kesukaran butir tes, serta analisis korelasi soal model PISA yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diketahui: (1) 8 dari 12 soal yang dikembangkan dinyatakan valid dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,7048 sampai 0,9054, (2) koefisien reliabilitas soal memiliki nilai 0,92 yang berarti reliabilitas soal sangat tinggi, (3) indeks daya beda seluruh butir soal ≥ 0,40 sehingga bisa diartikan setiap soal valid memiliki daya beda yang sangat baik, (4) taraf kesukaran butir menunjukkan 25% soal tergolong kategori sukar dan 75% tergolong sedang, (5) analisis data kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX.4 SMP Laboratorium Undiksha menunjukkan 50% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, 25% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori cukup, 15% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah dan 10% siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori sangat rendah, dan (6) analisis korelasi soal matematika model PISA yang dikembangkan memiliki koefisien korelasi pearson sebesar 0,524. Sehingga instrumen yang telah dikembangkan relevan digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PISA, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pengembangan Tes |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Sarita Wijayanti |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 02:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4273 |
Actions (login required)
View Item |