PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK GAMBAR PROFESI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL PADA ANAK KELOMPOK B TK ASTITI DHARMA DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Pratiwi, Cintya (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEBAK GAMBAR PROFESI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL PADA ANAK KELOMPOK B TK ASTITI DHARMA DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061020-COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061020-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611061020-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1611061020-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061020-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang ditemukan pada TK Astiti Dharma Denpasar yaitu kecerdasan intelektual pada anak belum berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena media yang diterapkan oleh guru masih menggunakan media gambar. Proses pembelajaran pada TK tersebut masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat anak bosan dalam belajar dikelas. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan (1) untuk mengembangkan media permainan tebak gambar profesi berbasis adobe flash untuk meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak, (2) untuk mengetahui pendapat ahli media, ahli materi, dan respon guru terhadap media permainan tebak gambar profesi berbasis adobe flash untuk meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak, (3) untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media permainan tebak gambar profesi berbasis adobe flash untuk menigkatkan kecerdasan intelektual pada anak. Penelitiann pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang memiliki 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desiain, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek pada penelitian ini yaitu 6 orang guru kelompok B di TK Astiti Dharma Denpasar. Hasil dari validasi pada penelitian ini dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dan guru di TK tesebut. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi yaitu sebagai berikut. hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase skor 80,00 % , menyatakan bahwa media ini layak. Hasil validasi ahli media dengan persentase skor 90,00 % termasuk dalam kategori sangat layak. hasil dari reponden 6 orang guru mendapatkan persentase skor 81,28 % dan termasuk dalam kategori sangat layak. dari hasil validasi dan uji coba produk maka dapat disimpulkan bahwa media ini sudah layak digunakan untuk media pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Dan dapat membantu guru dalam meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak. Kata kunci : kecerdasan intelektual, media permainan tebak gambar profesi, adobe flash

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektual, media permainan tebak gambar profesi, adobe flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Putu Ayu Cintya Pratiwi
Date Deposited: 25 Oct 2020 10:58
Last Modified: 25 Oct 2020 10:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item