Defiana, Rita (2020) Pengembangan Film Animasi 2 Dimensi Perang Puputan Bayu Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051080-Cover.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051080-Abstrak.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1615051080-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051080-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Sejarah merupakan sesuatu yang terjadi dimasa lalu, yang didalamnya menceritakan dan menggambarkan suatu peristiwa. Setiap daerah memiliki sejarahnya masing-masing termasuk di Banyuwangi. Perang Puputan Bayu 1771-1772 termasuk sejarah yang melatar belakangi terbentuknya Banyuwangi. Perang ini merupakan bentuk kedaulatan rakyat dalam mempertahankan Blambangan dari penjajah Belanda. Perang Puputan Bayu Banyuwangi dipimpin oleh Pangeran Jagapati (Rempeg) yang memiliki semangat perjuangan yang tinggi untuk mempertahankan Blambangan. Berdsarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Museum Blambangan, bukti informasi tentang Perang Puputan Bayu Banyuwangi sangat minim, serta rendahnya minat membaca dan media yang kurang menarik mengakibatkan tidak mengetahuinya cerita sejarah Perang Puputan Bayu, padahal Perang Puputan Bayu merupakan cikal bakal terbentuknya Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan sebuah rancangan Pengembangan Film animasi 2 dimensi Perang Puputan Bayu Banyuwangi yang dapat menambah wawasan terkait cerita sejarah serta melestarikan bahasa daerah Banyuwangi khususnya bagi anak usia 6 sampai 12 tahun. Pengembangan Film animasi 2 dimensi Perang Puputan Bayu Banyuwangi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle, yang memiliki 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 instrument pengujian yaitu uji ahli isi untuk mengukur aspek sinopsis, karakter dan audio, uji ahli media untuk mengukur aspek visual dan audio dan uji respon pengguna untuk mengukur aspek tujuan film, pemahaman alur cerita serta manfaat film. Hasil pengujian ahli isi mendapat hasil 93% dengan kategori bagus sekali, pengujian ahli media mendapat hasil 81% dengan kategori bagus dan pengujian respon pengguna sebanyak 100 responden mendapatkan hasil 97% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Sejarah, Perang Puputan Bayu Banyuwangi, film animasi 2 dimensi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, Perang Puputan Bayu Banyuwangi, film animasi 2 dimensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | RITA DEFIANA |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 05:33 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 05:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4504 |
Actions (login required)
View Item |