PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA

IRAWADI, I KOMANG (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729071004-COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729071004-ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1729071004-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1729071004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1729071004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1729071004-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (LAMPITARAN)
1729071004-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA Oleh I Komang Irawadi, NIM 1729071004 Program Study Teknologi Pembelajaran, Universitas Pendidikan Ganesha ABSTRAK Bahan ajar memiliki peranan sangat penting dalam pendidikan, pengemasan bahan ajar secara elektornik akan meningkatkan minat belajar siswa. Dengan Pemberian masalah pada awal pembahasan materi pada media pembelajaran berbasis masalah merupakan solusi untuk meningkakan prestasi belajar siswa di SMK TI Bali Global Singaraja pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Pengembangan produk media pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design,development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini meliabatkan siswa kelas X Akuntansi di SMK TI Bali Global Singaraja yang berjumlah 30 orang. Hasil pengembangan sebelum di gunakan dalam proses pembelajaran produk ini melewati review dari ahli diantaranya adalah 1)ahli isi pembelajaran, 2) ahli desain pembelajaran, dan 3)ahli media pembelajaran, ketiga ahli memberikan penilaian pada angket. Setelah melewati proses review ahli, proses selanjutnya di lakukan uji lapangan. Uji lapangan ini dibagi menjadi beberapa proses yaitu uji guru mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital, uji perorangan yang melibatkan 3 orang siswa, dilanjutkan dengan uji kelompok kecil yang melibatkan 9 orang siswa, dan terakhir uji lapangan yang dalam penelitian ini melibatkan 30 orang siswa kelas X Akuntasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuisioner, dan tes prestasi belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Setelah data di analisis maka tanggapan ahli isi menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis masalah sudah sesuai, tanggapan selanjutnya diberikan oleh ahli desain pembelajaran yang menyatakan bahwa dari aspek desain pembelajaran sebesar 96% masuk ke kategori sangat baik. Tanggapan ahli selanjutnya adalah ahli media pembelajaran yang menyatakan dari aspek media pembelajaran sebesar 88% masuk ke kategori baik. Setelah hasil review para ahli maka media ini dilakukan pengujian berupa test prestasi belajar dan pada tahap ini ada dua tes yang diberikan kepada siswa yaitu pretest dan posttest hasil masing-masing tes akan dilakukan uji-t. Dilihat dari konversi nilai di SMK TI Bali Global Singaraja, nilai rata-rata nilai pretest sebesar 57,1 dan nilai posttest peserta didik sebesar 79,03. Berdasarkan PAP, nilai posttest siswa berkualifikasi “Baik” dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 75. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Simulasi dan Komunikasi Digital, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Simulasi dan Komunikasi Digital, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I KOMANG IRAWADI
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:21
Last Modified: 23 Oct 2019 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item