EXPLORING SENIOR HIGH SCHOOL EFL TEACHERS’ BELIEFS REGARDING LEARNER AUTONOMY IN GIANYAR REGENCY

Wirapatni, Anak Agung Istri Sri (2020) EXPLORING SENIOR HIGH SCHOOL EFL TEACHERS’ BELIEFS REGARDING LEARNER AUTONOMY IN GIANYAR REGENCY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081066-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081066-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081066-LAMPIRAN.pdf

Download (858kB)

Abstract

Kemandirian belajar siswa secara luas dikenal sebagai tujuan yang diinginkan dalam pendidikan. Sejak paradigma pendidikan Indonesia bergeser dari pengajaran ke pembelajaran, sistem pendidikan diatur lebih pada berpusat pada siswa. Guru diakui sebagai agen aktif yang mendukung pengembangan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi keyakinan guru tentang kemandirian belajar siswa, (2) untuk mengetahui bagaimana guru EFL sekolah menengah atas memandang siswa mereka sebagai pembelajar mandiri, (3) untuk mengetahui bagaimana guru EFL sekolah menengah atas. memahami upaya mereka dalam mempromosikan kemandirian belajar siswa, dan (4) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru EFL sekolah menengah atas dalam mempromosikan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran dengan instrumen pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Kuesioner yang digunakan untuk mengeksplorasi keyakinan guru tentang kemandirian belajar siswa diadopsi dari Borg dan Al-Busaidi (2012). Partisipan penelitian ini adalah 18 guru bahasa Inggris SMA di Kabupaten Gianyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kepercayaan yang sangat positif terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa guru EFL SMA mengetahui tentang konsep kemandirian belajar dalam pendidikan. Sebagian besar guru memandang peserta didiknya kurang mandiri dalam belajar. Siswa cenderung pasif dan dianggap bergantung pada guru. Berkenaan dengan pengembangan kemandirian belajar siswa, para guru merasa bahwa mereka telah mempromosikan kemandirian belajar siswa dalam pengajaran mereka. Dalam mendorong kemandirian siswa, guru telah melakukan berbagai upaya seperti memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengekspresikan diri dalam pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan masalahnya serta memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Kendala yang dihadapi guru pada dasarnya bersumber dari dua faktor yaitu secara intrinsik dari motivasi belajar siswa yang rendah dan secara ekstrinsik dari fasilitas sekolah yang kurang memadai untuk mendukung pengembangan kemandirian siswa. Dalam hal ini, pemahaman guru adalah dasar untuk mempromosikan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar siswa, siswa mandiri, pembelajaran bahasa inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Anak Agung Istri Sri Wirapatni
Date Deposited: 29 Oct 2020 08:04
Last Modified: 29 Oct 2020 08:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item