READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL IN BADUNG REGENCY

Chrispayana, I Putu Marten (2020) READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL IN BADUNG REGENCY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1829081029-COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081029-ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829018029-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi membaca siswa yang rendah tampak dalam menghadapi item dengan tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan kompetensi membaca siswa antar kelas, genre teks, dan indikator membaca. Kompetensi membaca siswa diletakkan pada item bacaan tingkat tinggi, lintas kelas, genre teks, dan indikator membaca. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama 5 Negeri (SMPN) Kuta Selatan. Desain yang diterapkan adalah penelitian deskriptif dan komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster-random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama 5 Negeri (SMPN) Kuta Selatan tahun pelajaran 2019/2020.. Jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 121 siswa secara keseluruhan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes Kompetensi Membaca. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah jumlah sentral tendensi dan perbandingan secara simultan. Hasil analisis menunjukkan skor rata-rata kompetensi membaca siswa = 35,02 dari total skor kompetensi membaca = 100. Kisaran kompetensi membaca adalah sebesar 60,00. Oleh karena itu, variabilitas kompetensi membaca siswa sangat besar (varians = 0,67). Analisis selnjutnya menunjukkan uji F simultan (omnibus F) adalah 0,084. Skor signifikan 0,97 ini lebih tinggi dari 0,05 yang ditafsirkan sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor pada setiap kelas dalam hal menjawab tes membaca dengan item dengan level lebih tinggi. Skor kompetensi membaca membersitkan pesan baik kepada siswa dan guru (EFL) untuk melatih secara intensif dan luas terhadap proses membaca untuk membuat siswa memiliki kemampuan dalam menentukan ide utama, ide spesifik, referensi tekstual, serta makna kata dan frase dari kedua descriptive dan recount teks. Penelitian selanjutnya dapat menyasar kegiatan belajar siwa tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kompetensi membaca, item soal lebih tinggi, SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Putu Marten Chrispayana
Date Deposited: 29 Oct 2020 08:48
Last Modified: 29 Oct 2020 08:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item View Item