Kumbara, I Made Angga Indra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Lingkaran sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011087-COVER.pdf Download (384kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011087-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1513011087-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011087-LAMPIRAN.pdf Download (821kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk: (1) membuat rancang bangun (storyboard) media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran; (2) mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran. Pokok materi yang digunakan terbatas pada keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan evaluation). Uji coba produk ini yang dilakukan terbatas sampai valid dan praktis. Dan menggunakan teknik analisis data seperti teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dari aspek materi dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 4,45 dari skor maksimum 5,00 dengan kriteria sangat valid, dan memenuhi syarat validitas dari aspek media rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,75 dari skor maksimum 5,00 dengan kriteria sangat valid. Media yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki manfaat yang baik bagi guru serta siswa dengan rata-rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,6 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis angket respon siswa sebesar 4,4 dengan kriteria sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, lingkaran, media pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Angga Indra Kumbara |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 05:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 05:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5009 |
Actions (login required)
View Item |