Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Lingkaran sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP

Kumbara, I Made Angga Indra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Lingkaran sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011087-COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011087-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1513011087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011087-LAMPIRAN.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk: (1) membuat rancang bangun (storyboard) media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran; (2) mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi lingkaran. Pokok materi yang digunakan terbatas pada keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan evaluation). Uji coba produk ini yang dilakukan terbatas sampai valid dan praktis. Dan menggunakan teknik analisis data seperti teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dari aspek materi dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 4,45 dari skor maksimum 5,00 dengan kriteria sangat valid, dan memenuhi syarat validitas dari aspek media rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,75 dari skor maksimum 5,00 dengan kriteria sangat valid. Media yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki manfaat yang baik bagi guru serta siswa dengan rata-rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,6 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis angket respon siswa sebesar 4,4 dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, lingkaran, media pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Angga Indra Kumbara
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:48
Last Modified: 18 Feb 2021 05:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item