Jaya, I Gede Tjok Kusuma (2021) THE ANALYSIS OF JARGONS USED BY SALES AND MARKETING’S STAFF AT KARMA KANDARA HOTEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021155-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021155-abstrak.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021155-bab 1 pendahuluan.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021155-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021155-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021155-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021155-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021155-LAMPIRAN.pdf Download (839kB) |
Abstract
Jargon merupakan Bahasa khusus yang digunakan dalam kelompok tertentu dan hanya orang dalam kelompok tertentu yang memahami arti jargons tersebut. Sales and marketing merupakan salah satu department yang menggunakan jargon dalam berkomunikasi. Sejak Sales dan marketing merupakan bagian dari pembelajaran English for Specific Purposes (ESP) dan English for Bussines, penelitian ini ditujukan unutuk meneliti Jargon, Makna, dan bentuk dari word formation yang di gunakan di Sales dan Marketing Departemen di hotel Karma Kndara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman and Saldana (2014). Data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, wawancara, checklist, dan pencatatan. Untuk menjawab dua pertanyaan yang dikemukakan dalam penelitian ini, teori yang dikemukakan oleh Yule (2006) digunakan untuk meneliti data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 bentuk jargon yang digunakan oleh tenaga kerja di Sales dan Marketing departemen, diantaranya; word, acronym, abbreviation, compounding, clipping, and phrase. Jargon kata teridentifikasi 11 (16,9 %), akronim 12 (18,4 %), abbreviation 33 (50,7%), compounding 2 (3,1%), clipping 3 (4,6%) dan frasa 4 (6,1%). Sedangkan makna jargon yang digunakan oleh tenaga kerja Sales dan Marketing departemen adalah makna kontekstual, karena penggunaan jargon yang berdasarkan koteks dan konteks sosial khususnya di Sales dan Marketing Departemen. Penelitian ini memberikan implikasi di 4 pihak; untuk dosen di English Language Education, mahasiswa English Language Education, penulis buku Sales and Marketing, dan pegawai training Sales and Marketing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jargons, sales and marketing department, word-formation |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gede Tjok Kusuma Jaya |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 13:38 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 13:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5132 |
Actions (login required)
View Item |