Sugiarta, I Gede (2021) INVESTIGATION OF PERCEPTION OF GRADE 10 SENIOR HIGH SCHOOL TEACHERS AND STUDENTS IN USE OF MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING IN SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1412021009-cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412021009-Abstract.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021009-Daftar Pustaka.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021009- Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412021009-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan pendidikan khususnya zaman ini dapat dikaitkan dengan bantuan telepon seluler sedang banyak dikaji oleh peneliti termasuk kurangnya kesempatan untuk belajar. Dengan menggunakan telepon seluler, peserta didik dapat mengakses informasi dan mengembangkannya lintas ruang dan terhubung dengan yang lain. Sebagai salah satu kemajuan teknologi di bidang IT, U-Dictionary (UD) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari guru maupun siswa-siswi yang membutuhkan jasa penerjemahan. Namun mengingat kelemahan dan kelebihan yang dikandungnya, penggunaan layanan UD dapat mempengaruhi kualitas terjemahan. Maka dari itu peneliti ingin meneliti salah satu MALL pada telepon seluler untuk mendukung mereka di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui persepsi dan sikap guru dan siswa terhadap penggunaan kamus-U pada ponsel untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas; 2) kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi ponsel pada kamus U-kamus online di smartphone untuk keperluan belajar mengajar di kelas. Untuk mendukung kelancaran penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terfokus pada hasil opini guru-guru serta siswa-siswi yang menggunakan UD selama belajar di kelas. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa teknik yaitu: observasi, angket dan wawancara satu per satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 guru dan 122 siswa di seluruh kelas 10 diambil sebagai sampel, yaitu di kelas Bahasa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan data tentang (1) menarik pendapat dari masing-masing guru dan siswa dalam penggunaan UD dengan teknologi yang saat ini hanya ada di tangan dan (2) persepsi penggunaan UD terhadap kualitas terjemahan siswa. Selain itu, penelitian ini akan mengetahui apakah penggunaan UD berpengaruh terhadap kualitas terjemahan siswa itu sendiri. Selain itu, penelitian ini juga akan mengungkap data pendukung lainnya seperti persepsi guru dan siswa terhadap UD baik pada bagian kamus-U yang mereka terjemahkan serta kelemahan yang memiliki persepsi yang baik terhadap penggunaan ponsel di kelas. Kata kunci: kegiatan belajar di kelas, pembelajaran Bahasa, telepon genggam, kamus online, MALL
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gede Krisna Sugiarta |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 05:03 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 05:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5239 |
Actions (login required)
View Item |