STUDI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN ARAK BALI PADA BIOGASOLINE SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR

Widiadnyana, I Wayan Bayu (2021) STUDI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN ARAK BALI PADA BIOGASOLINE SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071017-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071017- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071017- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan emisi HC, CO, CO2 dan O2 pada kendaraan bermotor dengan menggunakan biogasoline dari bahan baku nira pohon kelapa, nira pohon ental/siwalan dan nira pohon aren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Metode eksperimenjadalah penelitianiyang dilakukanjuntuk mengetahuijakibatjyang ditimbulkanidari suatujperlakuan yangjdiberikan secarajsengaja olehjpeneliti.Dalam penelitian ini menggunakan uji analisis anova satu jalur.Proses pengujian dan pengambilan data dilakukan di Politeknik Transportasi Darat Bali, pengambilan data dilakukan sebanyak 10 kali pengulangan pada setiap pengujian dengan putaran mesin 2000 rpm.Setelah melakukan pengujian terdapat perbandingan emisi HC pada kendaraan bermotor dengan menggunakan biogasoline dari bahan baku nira pohon kelapa, nira pohon ental/siwalan, dan nira pohon aren. Pada biogasoline A1 rata-rata penurunannya sampai 298,55 ppm vol, biogasoline A2 rata-rata penurunannya sampai 205,75 ppm vol, dan biogasoline A3 rata-rata penurunannya sampai 321,05 ppm. Pada emisi CO biogasoline A1 rata-rata penurunannya sampai 5,534% vol, biogasoline A2 rata-rata penurunannya sampai 3,384% vol, dan biogasoline A3 rata-rata penurunannya sampai 5,733%. Pada emisi CO2biogasoline A1 rata-rata penurunannya sampai 1,97% vol, biogasoline A2 rata-rata penurunannya sampai 0,86% vol, dan biogasoline A3 rata-rata penurunannya sampai 2,14% vol. sedangkan pada emisi O2 mengalami kenaikan yaitu pada biogasoline A1 rata-rata kenaikannya sampai 8,05 % vol, biogasoline A2 rata-rata kenaikannya sampai 5,45 % vol, dan biogasoline A3 rata-rata kenaikannya sampai 9,50 % vol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emisi gas buang, Pertamax, Biogasoline, ArakBali
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I WAYAN BAYU WIDIADNYANA
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:26
Last Modified: 18 Feb 2021 08:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item View Item