Yustanti, Ni Made Septiana Dewi (2021) ANALISIS KESIAPAN GURU KIMIA DAN SISWA KELAS X DAN XI MIPA SMA NEGERI 4 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031053-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031053-ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031053-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kesiapan guru kimia dan siswa kelas X dan XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja dalam pembelajaran berbasis e-learning; (2)imendeskripsikanldan menjelaskan faktorupendukungldan penghambat dalam mengimplementasikan e-learning pada mata pelajaran kimia. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini adalah fenomenologi. Subjek dalam penelitian adalah guru kimia dan siswa. Metode yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Skor kesiapan e-learning pada faktor pebelajar (siswa) ditinjau dari lima indikator yaitu kemampuan menggunakan teknologi, kemampuan internet dasar, kemampuan menggunakan perangkat lunak, kebiasaan belajar, dan kemampuan siswa mendapat rerata skor sebesar x ̅=3,6 yang mana berdasarkan kategori penilaian ELR menurut Aydin & Tasci (2005) termasuk ke dalam kategori siap menerapkan e-learning namun masih diperlukan beberapa peningkatan. (2) Skor Kesiapan e-learning pada faktor guru kimia ditinjau dari tiga indikator yaitu kemampuan menggunakan teknologi, kemampuan internet dasar, dan kemampuan menggunakan alat-alat online dan alat produktif lainnya mendapat rerata skor sebesar x ̅=3,5 yang termasuk ke dalam kategori siap menerapkan e-learning namun masih diperlukan beberapa peningkatan. (3) Kesiapan e-learning dari faktor akses teknologi sudah sangat memadai dalam mendukung terlaksananya pembelajaran online. (4) Faktor yang mendukung penerapan e-learning adalah akses teknologi yang dimiliki oleh guru dan siswa sudah memadai. (5) Faktor yang menghambat penerapan e-learning adalah guru masih sulit mendesain media dan aktivitas pembelajaran dan siswa yang malas serta kemampuan akademik rendah masih kesulitan memahami materi kimia yang disampaikan secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kesiapan e-learning, mata pelajaran kimia, SMA Negeri 4 Singaraja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Septiana Dewi Yustanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2021 15:35 |
Last Modified: | 21 Feb 2021 15:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5364 |
Actions (login required)
View Item |