PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MENGWI

Dewi, Ni Luh Putu Jayanti Maha (2021) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011012-COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011012-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Prinsip pemilihan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi, (2) Penggunaan media pembelajaran audio visual guru dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi, (3) Efek penggunaan media audio visual bagi siswa dalam pembelajaran teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mengwi. Objek penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel VII SMP Negeri 1 Mengwi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Prinsip pemilihan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel mencakup ketepatan dalam pemilihan media audio visual yang dapat memudahkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran audio visual dapat mengurangi kesenjangan informasi antara guru dengan siswa. Media audio visual mempermudah kegiatan belajar mengajar dikarenakan dapat menampilkan suara, gambar, dan gerak yang membuat siswa tertarik belajar. Dengan adanya media audio visual dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa. Siswa juga lebih mudah memahami materi pelajaran, (2) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel menuntut siswa untuk mampu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengomunikasikan, dan menulis teks cerita fabeL, (3) Efek penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel adalah dapat meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan daya ingat siswa, dan mampu meningkatkan daya berpikir kreatif siswa. Siswa dituntut untuk untuk menginterpretasikan materi pelajaran yang diberikan oleh guru secara mandiri. Objek penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks fabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, teks cerita fabel
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Jayanti Maha Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:48
Last Modified: 22 Feb 2021 03:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item