Putra, Wahyu Metriyama Eka Adi (2019) The Effect of Scramble Game on Reading Comprehension of The Ninth Grade Students of SMP Negeri 2 Singaraja in Academic Year 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021066-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021066-ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1512021066-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021066-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021066-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021066-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada perbedaan yang signifikan atau tidak pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 antara siswa yang di ajar dengan permainan Scramble dan siswa yang di ajar dengan teknik konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Posttest Only Control Group. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja. Kedua sampel yang di pilih pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini berasal dari dua kelas, yaitu kelas 8 sebagai kelompok eksperimen dan kelas 10 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengam permainan Scramble sedangkan kelompok kontrol di ajar dengan teknik konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan post-test dalam bentuk tes pemahaman membaca. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, inferential, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan dari kedua kelompok tersebut nilai kelompok eksperimen adalah 84.06 sedangkan nilai kelompok kontrol adalah 79.33, nilai dari tob (t observed) adalah 2.245 dan lebih tinggi dari tcv (t critical value) yaitu 1.669 (a=0.5). Ini memperlihatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sembilan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 antara siswa yang di ajar dengan permainan Scramble dan siswa yang di ajar dengan teknik konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efek, pemahaman membaca, permainan Scramble, teknik konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Wahyu Metriyama Eka Adi Putra |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 07:06 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 07:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/548 |
Actions (login required)
View Item |