Daniella, Zeffanya (2021) Profil Konsepsi Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031021-COVER.pdf Download (859kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031021-ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (496kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031021-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil konsepsi siswa dan sumber penyebab miskonsepsi siswa kelas XI pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed method) dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuta Utara pada tahun ajaran 2019/2020 semester genap. Populasi penelitian ini sebanyak 360 orang. Sumber data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 144 orang. Sumber data kualitatif diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah sampel 49 orang. Data konsepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes, sementara data sumber miskonsepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan observasi kelas dan wawancara. Sebelum instrumen tes digunakan, tes diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan rentangan koefisien korelasinya berkisar antara 0,316 sampai 0,774 dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,798. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) sebanyak 23,52% siswa memahami konsep, 56,53% siswa tidak memahami konsep, dan 19,95% siswa mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi siswa dialami pada semua subpokok bahasan, yaitu: (1) pengertian hidrolisis garam dan sifat-sifat larutan garam yang mengalami hidrolisis; (2) jenis-jenis hidrolisis garam; (3) reaksi hidrolisis garam; dan (4) pH larutan garam yang terhidrolisis. (b) Sumber miskonsepsi siswa yaitu diri siswa itu sendiri, pengalaman siswa, internet, dan pengaruh teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsepsi, miskonsepsi, sumber miskonsepsi, hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Zeffanya Daniella |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 15:41 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 15:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5657 |
Actions (login required)
View Item |