Wibawa, I Made Citra (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN ASESMEN KINERJA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA, SIKAP ILMIAH, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SDN DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1339031006-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1339031006-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1339031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1339031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1339031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1339031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1339031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1339031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1339031006-LAMPIRAN.pdf Download (38MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan penguasaan konsep IPA, sikap ilmiah, dan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan asesmen kinerja, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri di Kota Singaraja dengan populasi berjumlah 43 SD Negeri. Pemilihan sampel menggunakan multi stage random sampling sehingga terpilih 2 SDN untuk kelompok eksperimen I (n= 60), 2 SDN untuk kelompok eksperimen II (n= 60) dan 2 SDN untuk kelompok kontrol (n = 45). Kelompok eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan asesmen kinerja, kelompok eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes penguasaan konsep IPA (ri = 0,816), kuesioner sikap ilmiah (ri = 0,922), dan lembar observasi keterampilan proses sains (r_nn = 0,931) yang telah diujicobakan. Data hasil penelitian dianalisis dengan MANOVA. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA, sikap ilmiah, dan keterampilan proses sains yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan asesmen kinerja, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation, penguasaan konsep IPA, sikap ilmiah, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | I Made Citra Wibawa |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 08:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 08:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5918 |
Actions (login required)
View Item |