DESAIN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK, BERORIENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Suardita, I Wayan (2021) DESAIN PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK, BERORIENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051040-COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051040-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629051040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051040-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Suardita I Wayan. 2020. Desain Pembelajaran Daring dengan Pendekatan Matematika Realistik, Berorientasi Pengembangan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Tesis (Tidak Diterbitkan). Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. Kata Kunci : pembelajaran daring, karakter, kemampuan pemecahan masalah, barisan dan deret, design research. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan pembelajaran daring yang valid, efektif dan praktis untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan tiga tahapan yaitu: pertama, preparing for the experiment dilakukan pengembangan hypothetical learning trajectory (HLT) dan instrumen penelitian. Kedua, tahap design experiment dilakukan dalam tiga siklus pada kelas X Perhotelan D, E dan G di SMK Negeri 3 Denpasar. Ketiga, tahap retrospective analysis data yang telah terkumpul kemudian dianalisis antara HLT awal dengan aktivitas pembelajaran yang terjadi, dilanjutkan dengan analisis kemungkinan penyebabnya, dan sintesa kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki HLT. Pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. Orientasi dari setiap kegiatan pembelajaran adalah pengembangan karakter disiplin dalam menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah dan kreatif dalam membuat rencana penyelesaian masasalah melalui pemberian pemahaman, pembiasaan, contoh atau teladan, serta diintegrasikan dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dilakukan dengan memberikan permasalahan matematika realistik kepada siswa saat pembelajaran. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dari: (1) analisis jawaban pada LKS dan tugas mandiri yang di unggah oleh siswa pada Google Classroom dan (2) hasil post-test siswa yang menggambarkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah perubahan dari HLT menjadi lintasan pembelajaran materi barisan dan deret dengan tahapan sebagai berikut: (1) menentukan pola barisan dan deret sederhana, (2) menentukan suku ke-n dan rumus suku ke-n barisan aritmatika, (3) menentukan suku ke-n dan rumus suku ke-n barisan aritmatika tingkat dua, (4) menentukan jumlah n-suku pertama deret aritmatika, (5) menyelesaikan masalah realistik terkait barisan dan deret aritmatika, (6) menentukan suku ke-n dan rumus suku ke-n barisan geometri, (7) menentukan jumlah n-suku pertama deret geometri, dan (8) menyelesaikan masalah realistik terkait barisan dan deret geometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, karakter, kemampuan pemecahan masalah, barisan dan deret, design research
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: I Wayan Suardita
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:38
Last Modified: 26 Feb 2021 04:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item