Cahaya, I Made Elia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berbahasa Ditinjau Dari Kemampuan Interaksi Sosial Anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1339031009-COVER)
1339031009-Cover.pdf Download (610kB) |
|
Text (1339031009-ABSTRAK)
1339031009-Abstrak.pdf Download (109kB) |
|
Text (1339031009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1339031009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (375kB) |
|
Text (1339031009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1339031009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (1339031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1339031009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (1339031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1339031009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (1339031009-BAB 5 PENUTUP)
1339031009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (1339031009-DAFTAR PUSTAKA)
1339031009-Daftar Pustaka.pdf Download (269kB) |
|
Text (1339031009-LAMPIRAN)
1339031009-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Berbagai upaya telah dilakukan oleh semua pihak, kenyataannya bahwa kreativitas dan kemampuan berbahasa anak kelompok B masih tergolong rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kreativitas dan kemampuan berbahasa ditinjau dari kemampuan interaksi sosial pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan faktorial (factorial design) 2 × 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK B yang ada dikecamatan Kuta Utara yang berjumlah 1.951 anak, terdiri atas 49 sekolah, dibagi dalam 7 gugus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling sehingga terpilih 8 kelompok belajar dengan jumlah anak 152, dengan 4 kelompok eksperimen dengan jumlah 76 anak dan 4 kelompok kontrol dengan jumlah 76 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: lembar observasi kemampuan interaksi sosial anak, lembar observasi kreativitas anak, dan lembar observsi kemampuan berbahasa anak. Analisis data menggunakan analisis manova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas antara anak yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 18.874; p<0.05). (2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan interaksi sosial terhadap kreativitas, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 15.975; p<0.05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbahasa antara anak yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 16.282; p<0.05). (4) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan interaksi sosisal terhadap kemampuan berbahasa, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 10.268; p<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kreativitas dan kemampuan berbahasa ditinjau dari kemampuan interaksi sosial pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Interaksi Sosial, Kreativitas, Kemampuan Berbahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | I Made Elia Cahaya |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 05:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 05:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5934 |
Actions (login required)
View Item |