Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berbahasa Ditinjau Dari Kemampuan Interaksi Sosial Anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung

Cahaya, I Made Elia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berbahasa Ditinjau Dari Kemampuan Interaksi Sosial Anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1339031009-COVER)
1339031009-Cover.pdf

Download (610kB)
[img] Text (1339031009-ABSTRAK)
1339031009-Abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text (1339031009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1339031009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (375kB)
[img] Text (1339031009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1339031009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (1339031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1339031009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (1339031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1339031009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (1339031009-BAB 5 PENUTUP)
1339031009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (1339031009-DAFTAR PUSTAKA)
1339031009-Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text (1339031009-LAMPIRAN)
1339031009-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan oleh semua pihak, kenyataannya bahwa kreativitas dan kemampuan berbahasa anak kelompok B masih tergolong rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kreativitas dan kemampuan berbahasa ditinjau dari kemampuan interaksi sosial pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan faktorial (factorial design) 2 × 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK B yang ada dikecamatan Kuta Utara yang berjumlah 1.951 anak, terdiri atas 49 sekolah, dibagi dalam 7 gugus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling sehingga terpilih 8 kelompok belajar dengan jumlah anak 152, dengan 4 kelompok eksperimen dengan jumlah 76 anak dan 4 kelompok kontrol dengan jumlah 76 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: lembar observasi kemampuan interaksi sosial anak, lembar observasi kreativitas anak, dan lembar observsi kemampuan berbahasa anak. Analisis data menggunakan analisis manova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas antara anak yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 18.874; p<0.05). (2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan interaksi sosial terhadap kreativitas, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 15.975; p<0.05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbahasa antara anak yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 16.282; p<0.05). (4) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan interaksi sosisal terhadap kemampuan berbahasa, pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung (F = 10.268; p<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kreativitas dan kemampuan berbahasa ditinjau dari kemampuan interaksi sosial pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Interaksi Sosial, Kreativitas, Kemampuan Berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: I Made Elia Cahaya
Date Deposited: 26 Feb 2021 05:53
Last Modified: 26 Feb 2021 05:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5934

Actions (login required)

View Item View Item