Paradina, Ni Luh Putu Tini (2021) Investigation of Grade 11th Teachers' and Students' Perception and the Implementation of Emergency Remote Teaching and Learning in EFL Context in Bangli. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729081034-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729081034-ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081034- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729081034-LAMPIRAN.pdf Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dan siswa kelas XI dan implementasi Emergency Remote Teaching and Learning dalam konteks Bahasa Inggris Asing. Penelitian ini juga memberikan gambaran masalah apa saja yang dialami oleh guru dan siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran, dimana metode kuantitatif dilakukan untuk mengidentifikasi persepsi guru EFL dan siswa terhadap ERT, sedangkan metode kualitatif dilakukan untuk mengidentifikasi penerapan ERT. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 instrumen penelitian yaitu angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Kuesioner dilakukan kepada 110 siswa kelas 11 di SMKN 2 Bangli dan 30 guru bahasa Inggris dan dianalisis menggunakan tendensi sentral untuk mencari skor rata-rata dan variabilitas untuk mencari deviasi standar. Wawancara dikumpulkan dengan mewawancarai 5 guru bahasa Inggris dan 5 siswa, data dianalisis dengan pedoman analisis data kualitatif. Dalam menganalisis checklist observasi, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan guru memiliki persepsi positif terhadap penerapan ERT. Guru memiliki akses yang memadai yang dapat mendukung pelaksanaan ERT, dan dalam pelaksanaannya guru telah berusaha memberikan materi pembelajaran yang otentik dan beragam. Ada perbedaan persepsi antara guru dan siswa. Siswa memiliki persepsi negatif terhadap penerapan ERT. Mereka terhambat oleh minimnya akses internet sehingga tidak bisa berpartisipasi penuh dalam ERT. Perbedaan persepsi juga terlihat dari materi pembelajaran. Siswa merasa materi yang diberikan guru sulit untuk dipahami, guru tidak memberikan penjelasan dan kesulitan untuk mengajukan pertanyaan kepada guru karena keterbatasan akses internet. Tantangan yang dihadapi guru dan siswa secara umum adalah tantangan teknis, pengajaran dan pembelajaran, dan tantangan pedagogis. Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru dan siswa memiliki persepsi sendiri tentang penerapan ERT. Penerapan ERT dapat diimplementasikan secara maksimal jika guru dan institusi sekolah memilih metode pengajaran, materi pembelajaran yang tepat serta penilaian dalam membuat peraturan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pembelajaran Jarak Jauh |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Tini Paradina |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 14:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 14:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5938 |
Actions (login required)
View Item |