Prayuda, Gede Wisnu (2021) ANALISA VARIASI CAMPURAN MINYAK SAWIT UNTUK OLI PEREDAM KEJUT SHOCK ABSORBER RANCANGAN GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1.0 GENERASI 2. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615071031-COVER.pdf Download (671kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615071031-ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1.PENDAHULUAN)
1615071031-BAB 1.PENDAHULUAN.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 2.KAJIAN TEORI)
1615071031-BAB 2.KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3.METODE PENELITIAN)
1615071031-BAB 3.METODE PENELIIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4.HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615071031-BAB 4.HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5.PENUTUP)
1615071031-BAB 5.PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615071027-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Shock absorber atau shock breaker adalah sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik. Dalam kendaraan, alat ini berfungsi untuk mengurangi efek dari kasarnya permukaan jalan. Perlakuan berupa pencampuran minyak sawit (CPO) dengan oli peredam kejut, kemudian akan dilihat hasil berupa perubahan yang terjadi pada shock absorber yang diujicobakan, force kompresi, suhu, dan rebound di setiap variasi campuran minyak kelapa sawit dengan oli peredam kejut menggunakan shock absorber rancangan ganesha electric vehicles 1.0 generasi 2 sebagai obyek penelitian. Selanjutnya oli predam kejut yang akan di pakai dalam penelitian ini beserta campuran yang akan di ujikan yaitu Minyak kelapa Sawit (CPO) yang di anggap peneliti untuk meningkatkan daya redam dari shock absorber rancangan ganesha electric vehicles 1.0 generasi 2. Berdasarkan hasil uji oli peredam kejut Shock Absorber 100% sebagai pengujian awal untuk mendapatkan nilai standar yang akan dibandingkan dengan minyak kelapa sawit sebesar 0%, 40% dan 20%. Dari pengujian oli peredam kejut Shock Absorber 100% didapatkan nilai rata-rata Compression Force 81.438, Rebound Force 107.01375, dan Temperature 29.39 C. Berdasarkan hasil uji oli peredam kejut Shock Absorber 60% dengan minyak kelapa sawit 40% setelah dicampur didapatkan nilai rata-rata Compression Force yaitu -100.4055, nilai rata-rata dari Rebound Force yaitu 169.14075 dan Temperature 30.62 C. Dari pengujian oli peredam kejut Shock Absorber 100% dibandingkan dengan oli peredam kejut Shock Absorber 60% dengan minyak kelapa sawit 40% terdapat perbedaan dimana viskositas oli tersebut terlalu kental sehingga mendapatkan hasil kompresi terlalu tinggi dan rebound tidak stabil. Berdasarkan hasil uji oli peredam kejut Shock Absorber 80% dengan minyak kelapa sawit 20% setelah dicampur didapatkan nilai rata-rata Compression Force yaitu -85.377, nilai rata-rata dari Rebound Force yaitu 185.73675 dan Temperature 29.24 C. Dari pengujian oli peredam kejut Shock Absorber 100% dibandingkan dengan uji oli peredam kejut Shock Absorber 80% dengan minyak kelapa sawit 20% terdapat perbedaan dimana viskositas oli tersebut memenuhi syarat sehingga mendapatkan hasil kompresi stabil dan rebound stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shock Absorber 1, Compression Force 2, Rebound Force 3 |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Gede Wisnu Prayuda |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 14:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 14:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5963 |
Actions (login required)
View Item |