Junaedi, I Wayan Agus Ayun Ardi (2019) Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Manusia Berbasis Android Untuk Siswa Kelas XI MIA (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Seririt). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051104-COVER.pdf Download (645kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051104-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051104-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Virtual Reality pengenalan kerangka manusia berbasis Android. Adapun tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah sebagai pendukung media pembelajaran konvensional untuk membantu proses pembelajaran di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Seririt pada pembelajaran biologi dengan materi sistem kerangka pada manusia agar pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, efektif dan praktis. Pengembangan aplikasi Virtual Reality pengenalan kerangka manusia berbasis Android menggunakan model pengembangan ADDIE. Ada lima tahap dalam model ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implemetasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Fitur utama dari aplikasi ini adalah simulasi untuk memperkenalkan bagian-bagian tulang manusia dalam aplikasi Virtual Reality dengan platform Android yang disajikan dalam bentuk visualisasi objek 3D yang hampir mirip dengan bentuk aslinya. Selain itu juga terdapat fitur evaluasi (pengerjaan soal-soal pilihan ganda) untuk melatih ingatan siswa dalam memahami materi. Hasil akhir penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality pengenalan kerangka manusia berbasis Android yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi sumber belajar disamping hanya mengandalkan pembelajaran yang bersifat monoton dan media yang konvensional dengan keterbatasannya. Hasil pengujian dari respon pengguna setelah menggunakan aplikasi Virtual Reality pengenalan kerangka manusia berbasis Android dengan presentase rerata nilai sebesar 87%, dengan hasil tersebut, aplikasi berada pada kriteria sangat baik. Sehingga aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media bantuan untuk mengenal kerangka manusia dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GoogleVR, Media Pembelajaran, Pengenalan Kerangka Manusia,Virtual Reality |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Wayan Agus Ayun Ardi Junaedi |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 09:15 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 09:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/602 |
Actions (login required)
View Item |