Pratiwi, Rianti Ika Maya (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NO. 3 BUDUK KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031134-COVER.pdf Download (557kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031134-ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031134-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031134-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (554kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031134-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru, terutama pada pembelajaran matematika secara daring. Hal tersebut berdampak pada pemahaman konsep matematika sebagian siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia dan mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket. Hasil penelitian (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia memiliki 5 tahapan pengembangan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,33%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (91,66%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia pada pembelajaran matematika kelas II SD memiliki kelayakan sangat baik untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika. Implikasi dari penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis PMRI ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran daring maupun luring yang mampu menarik minat belajar siswa dimana siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri. Selain itu, penelitian ini juga dapat memotivasi guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Multimedia Interaktif, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | RIANTI IKA MAYA PRATIWI |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 03:33 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6228 |
Actions (login required)
View Item |