THE ANALYSIS OF AUTHENTIC LANGUAGE ASSESSMENT IMPLEMENTED BY CERTIFIED ENGLISH TEACHERS AT SENIOR HIGH SCHOOL IN SINGARAJA

Suardana, I Kadek Agus (2019) THE ANALYSIS OF AUTHENTIC LANGUAGE ASSESSMENT IMPLEMENTED BY CERTIFIED ENGLISH TEACHERS AT SENIOR HIGH SCHOOL IN SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021116-COVER.pdf

Download (845kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021116-ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021116-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021116-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021116-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penilaian otentik bahasa yang dilaksanakan oleh guru-guru bahasa Inggris tersertifikasi di sekolah menengah atas di Singaraja. Penelitian ini berupa penelitian metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam empat domain penilaian otentik bahasa mulai dari jenis, bagaimana guru merencanakan, mengimplementasikan, menganalisis dan melaporkan hasil penilaian otentik bahasa. Ada dua instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data, yaitu analisis dokumen dan wawancara. Data dikumpulkan melalui analisis rencana pelajaran, observasi dan wawancara. Terdapat 3 langkah analisis data yaitu melalui kuantitatif, kualitatif dan kepercayaan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru bersertifikasi telah menyertakan penilaian bahasa otentik dalam RPP mereka setidaknya 3 jenis penilaian bahasa otentik dalam setiap RPP. Jenisnya adalah penilaian kinerja, penilaian jurnal dan observasi guru. Ada beberapa guru juga menggunakan penilaian diri dan penilaian produk. Para guru tidak menggunakan proyek dan portofolio karena penilaian tersebut memakan waktu lebih banyak 2) Total skor perencanaan penilaian otentik bahasa oleh guru adalah 194 yang berarti tingkat keautentikan penilaian otentik bahasa yang direncanakan oleh guru dalam kategori sangat otentik. 3) Total penilaian otentik bahasa yang dilaksanakan oleh guru bahasa Inggris tersertifikasi berdasarkan observasi kelas adalah 65 yang berarti tingkat keautentikan penilaian otentik Bahasa yang dilaksanakan oleh guru dalam kategori sangat otentik. 4) Sistem kurikulum K-13 membatasi guru untuk memberikan lebih banyak komentar atau menjelaskan situasi nyata siswa itu sendiri. Guru hanya memberikan skor kuantitatif yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal untuk dilaporkan dalam raport siswa. Kata kunci: Penilaian Otentik Bahasa, Guru-guru tercertifikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Otentik Bahasa1, Guru-guru tercertifikasi2
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Kadek Agus Suardana
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:02
Last Modified: 25 Oct 2019 02:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item