Jayantara, I Komang Indra Putra (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN BERBASIS KARTUN UNTUK SISWA SD KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011095-COVER.pdf Download (507kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011095-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011095-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun dan prototipe media pembelajaran operasi pecahan berbasis kartun untuk siswa SD kelas V pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan (development) karena keterbatasan waktu, biaya kondisi, dan kemampuan dari peneliti. Pengembangan media pembelajaran dibuat dengan menggunakan Anime Studio Pro 12 dan Macromedia flash 8 dengan menggabungkan unsur teks, gambar, dan audio menjadi satu kesatuan dalam penyajian berbentuk animasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterima sebagai media pembelajaran dengan rata-rata skor kelayakan media pembelajaran dari tiga orang ahli media dan tiga orang ahli materi adalah 4,575 dengan kriteria sangat layak. Media yang dikembangkan juga memenuhi kriteria keefisienan dengan memperoleh rata-rata skor angket respon siswa sebesar 4,53 dengan kriteria sangat tinggi yang dilakukan terhadap lima orang siswa SD kelas V secara acak pada uji coba terbatas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran operasi pecahan berbasis kartun untuk siswa SD kelas V sudah layak untuk diujicobakan lebih lanjut pada kelas riil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Operasi Pecahan, Kartun, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Komang Indra Putra Jayantara |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 02:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6374 |
Actions (login required)
View Item |