DEVELOPING PROBLEM-BASED LEARNING MEDIA FOR TEACHING ENGLISH FOR 4TH GRADE STUDENT AT ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY

Ardianti, Ni Putu Eni (2021) DEVELOPING PROBLEM-BASED LEARNING MEDIA FOR TEACHING ENGLISH FOR 4TH GRADE STUDENT AT ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021093-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021093-ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021093-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan mengambil salah satu model pembelajaran saintifik sebagai basis prosedur pembelajaran dalam video tersebut yaitu Problem-based Learning dimana video ini ditargetkan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007) yang dimana memiliki 4 tahapan meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), dan Evaluasi (Evaluation) yang sering disingkat ADDE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan lima jenis instrument yaitu pedoman wawancara, kuesioner, studi dokumen, manuskrip, penilaian guru, dan penilaian ahli. Pedoman wawancara ditujukan untuk guru dan siswa pada tahap analisis, kuesioner diberikan pada siswa pada tahap evaluasi, studi dokumen dan manuskrip digunakan pada tahap desain, penilaiaan ahli digunakan pada tahap pengembangan dan penilaiaan guru digunakan pada tahap evaluasi. Produk yang dihasilkan pada peneilian ini berupa prototype video yang menggunanakan metode Problem-based learning. Terdapat dua video dengan dua topik yang berbeda yang dihasilkan pada penelitian ini. Video pertama mengambil topik Keluarga (Family) dan video kedua mengambil topik Binatang (Animals). Terdapat beberapa uji yang dilakukan terhadap video tersebut meliputi uji ahli di bidang akademik, dan uji dari pengguna yaitu penilaian guru dan respon siswa. Berdasarkan pengujian tersebut, kualitas kedua video yang sudah dikembangkan mendapatkan rating sebagai media pembelajaran yang sangat baik untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video, problem-based learning, media, siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Eni Ardianti
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:38
Last Modified: 13 Jul 2021 03:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item