Devi, Made Ayu Gitta Shintya (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 5 Pedungan Kota Denpasar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031083-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031083-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (482kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031083-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi serta kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis kontekstual pada pembelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Subjek dari penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV SD. Multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan : (a) hasil review ahli isi pembelajaran yang menunjukkan multimedia interaktif berpredikat sangat baik (90,0%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia interaktif berpredikat sangat baik (90,0%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan multimedia interaktif berpredikat sangat baik (93,3%) dan (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan multimedia interaktif berpredikat sangat baik (91,3%). Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis kontekstual memiliki kelayakan sangat baik untuk proses pembelajaran matematika kelas IV SD khususnya materi bangun datar. Implikasi dari penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis kontekstual mampu membuat pembelajaran semakin menarik, memberikan motivasi, membantu siswa belajar secara mandiri, dan dapat berpengaruh baik bagi kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, matematika, pengembangan, kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Ayu Gitta Shintya Devi |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 01:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6435 |
Actions (login required)
View Item |