PENGEMBANGAN TES FORMATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6

Widiantari, Ni Putu Yanti (2021) PENGEMBANGAN TES FORMATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ADOBE FLASH PROFESIONAL CS6. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011063-COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011063-ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011063-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan intrumen tes kemampuan berpikir kritis melalui media Adobe Flash Professional CS6 berupa soal uraian pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan reliabel serta mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu metode Risearch and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Tessmer. Prosedur pengembangan instrument yang dilakukan terdiri atas empat tahap yaitu preliminary, self evaluation, tahap prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group) serta field test. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 1 Abiansemal yang dimana jumlah subjek sebanyak 70 siswa. Hasil penelitian memenuhi kategori valid dengan menggunakan lembar validasi yang dikoreksi oleh 5 pakar ahli, dengan pemberian tes yang dilakukan satu kali diperoleh reliabilitas soal sebesar 0.70438 yang menyatakan bahwa reliabilitas butir soal tinggi, daya beda butir soal menunjukkan sebanyak 4 butir soal yang indeks daya bedanya ≥0.40 sehingga dikatakan sangat baik dan 6 butir soal memiliki indeks daya 0.30≤d<0.40 dikatakan cukup baik. Pada taraf kesukaran butir tes terdapat 8 butir soal terkategori sedang dan 2 butir soal terkategori sukar. Dengan demikian instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, bangun ruang sisi datar, pegembangan tes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI PUTU YANTI WIDIANTARI
Date Deposited: 14 Jul 2021 16:22
Last Modified: 14 Jul 2021 16:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6470

Actions (login required)

View Item View Item