Dewi, Putu Diah Kirana Purnama (2021) Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Ergonomik Partisipatori Menurunkan Kebosanan dan Keluhan Muskuloskeletal serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041013-COVER.pdf Download (376kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041013-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713041013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713041013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713041013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1713041013-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori menurunkan kebosanan dan keluhan muskuloskeletal serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan randomized nonequivalent pre and post test control group design. Variabel terikat penelitian ini, meliputi: (1) kebosanan didata menggunakan kuesioner kebosanan dalam pembelajaran; (2) keluhan muskuloskeletal didata menggunakan kuesioner Nordic Body Map, dan (3) hasil belajar didata menggunakan 30 soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penurunan kebosanan siswa sebesar 28,30% antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan ergonomik partisipatori dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik yang tidak maksimal pada pembelajaran daring; (2) Ada perbedaan penurunan keluhan muskuloskeletal siswa sebesar 14,33% antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan ergonomik partisipatori dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik yang tidak maksimal pada pembelajaran daring; (3) Kebosanan pada pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori berkontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 51,2%; (4) Keluhan muskuloskeletal pada pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori tidak berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, karena kontribusinya hanya sebesar 12,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan ergonomik partisipatori, kebosanan, keluhan muskuloskeletal, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Putu Diah Kirana Purnama Dewi |
Date Deposited: | 18 Jul 2021 00:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2021 00:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6525 |
Actions (login required)
View Item |