Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Ergonomik Partisipatori Menurunkan Kebosanan dan Keluhan Muskuloskeletal serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Denpasar

Dewi, Putu Diah Kirana Purnama (2021) Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Ergonomik Partisipatori Menurunkan Kebosanan dan Keluhan Muskuloskeletal serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041013-COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041013-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713041013-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713041013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713041013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041013-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1713041013-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041013-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori menurunkan kebosanan dan keluhan muskuloskeletal serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan randomized nonequivalent pre and post test control group design. Variabel terikat penelitian ini, meliputi: (1) kebosanan didata menggunakan kuesioner kebosanan dalam pembelajaran; (2) keluhan muskuloskeletal didata menggunakan kuesioner Nordic Body Map, dan (3) hasil belajar didata menggunakan 30 soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan uji t independent sample dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penurunan kebosanan siswa sebesar 28,30% antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan ergonomik partisipatori dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik yang tidak maksimal pada pembelajaran daring; (2) Ada perbedaan penurunan keluhan muskuloskeletal siswa sebesar 14,33% antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan ergonomik partisipatori dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik yang tidak maksimal pada pembelajaran daring; (3) Kebosanan pada pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori berkontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 51,2%; (4) Keluhan muskuloskeletal pada pembelajaran biologi berorientasi pendekatan ergonomik partisipatori tidak berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, karena kontribusinya hanya sebesar 12,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan ergonomik partisipatori, kebosanan, keluhan muskuloskeletal, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Putu Diah Kirana Purnama Dewi
Date Deposited: 18 Jul 2021 00:17
Last Modified: 18 Jul 2021 00:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item View Item