Dewi, Ni Luh Putu Jayanti (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Role Play Game Materi Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031126-COVER.pdf Download (520kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031126-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031126-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031126-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031126-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan multimedia pembelajaran berbasis role play game materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan siswa kelas IV A di SD Negeri 3 Sesetan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap utama yakni tahap penilaian kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi, pada semua tahapan dalam model ini melibatkan proses evaluasi dan revisi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah observasi, wawancara serta angket atau kuisioner. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Rancang bangun multimedia pembelajaran berbasis role play game materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan dengan menggunakan model Hannafin and Peck, (2) Kelayakan multimedia pembelajaran berbasis role play game materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan yang meliputi: (a) Uji ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik (layak) dan tidak perlu direvisi, (b) Uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 96,7% dengan kualifikasi sangat baik (layak) dan tidak perlu direvisi, (c) Uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik (layak) dan tidak perlu direvisi, (d) Uji coba perorangan memperoleh persentase 96,7% dengan kualifikasi sangat baik (layak) dan tidak perlu direvisi, (e) Uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95,6% dengan kualifikasi sangat baik (layak) dan tidak perlu direvisi. Berdasarkan hasil uji kelayakan, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis role play game materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sesetan Denpasar Selatan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, multimedia pembelajaran, role play game, keliling dan luas bangun datar, model Hannafin and Peck |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU JAYANTI DEWI |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 10:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 10:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6564 |
Actions (login required)
View Item |