THE EFFECT OF QUIZIZZ ON ENGLISH ACHIEVEMENT OF TENTH GRADE EFL STUDENTS

Lawnsky, Ni Putu Titanisya Aurena (2021) THE EFFECT OF QUIZIZZ ON ENGLISH ACHIEVEMENT OF TENTH GRADE EFL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021129 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021129- ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021129 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021129 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021129 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021129 - BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021129 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021129 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021129 - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan aplikasi Quizizz terhadap prestasi Bahasa Inggris siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental dengan desin post-test only control group. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Singaraja tahun 2020/2021 yang terdiri dari 366 siswa. Cluster random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sample penelitian ini. Terdapat dua kelas yang digunakan sebagai sample penelitian ini yaitu kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6. Kedua kelas yang digunakan sebagai sample sama – sama terdiri dari 34 siswa. Kelas X MIPA 4 digunaka sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan aplikasi Quizizz, sementara itu kelas X MIPA 6 digunakan sebagai kelompok kontrol yang diajar menggunakan strategi konvensional atau tanpa Quizizz. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda yang terdiri dari 19 soal. Tes Bahasa Inggris yang digunakan mencakup tiga topik pembelajaran yaitu simple past and present perfect tense, recount text, dan narrative text. Data yang diperoleh menunjukan nilai kelompok eksperimen (M = 84.51, p value = 0.012) dan kelompok kontrol (M = 78.16, p value = 0.012). Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok control. Selanjutnya, diketahui juga bawa nilai signifikansi yang diperoleh menunjukan p value 0.012 < 0.05. Perbandingan nilai rata – rata kelompok kontrol dan eksperimen yang didukung dengan nilai signifikansi membuktikan bahwa Quizizz berpengaruh terhadap pencapaian bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Quizizz, gamifikasi, EFL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Putu Titanisya Aurena Lawnsky
Date Deposited: 17 Jul 2021 12:38
Last Modified: 17 Jul 2021 12:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item