Nainggolan, Tio Defina Dolorosa (2021) The Use of Quizziz on the Achievement of English Learning Process for Tenth Grade EFL Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021139-COVER.pdf Download (447kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021139-ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021139-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021139-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021139-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021139-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Quizizz terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Negara. Penelitian ini menggunakan metode mixed method sebagai desain penelitiannya. Analisis data secara kuantitaf yang menggunakan desain pre-test post-test digunakan untuk menganalisis pengaruh Quizizz dan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz. Sedangkan analisis secara kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan terkait kekuatan dan kelemahan Quizizz. Pada pemilihan sampelnya, digunakan metode purposive sampling. Penelitiaan ini menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian yakni kelas X MIPA 6 yang terdiri dari 35 siswa pada tahun ajar 2020/2021. Selama penelitian berjalan, mereka diajar dengan menggunakan Quizizz sebagai media di dalam kelas Bahasa Inggris. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan tes, penyebaran angket dan interview. Data yang diperoleh dari hasil tes yang telah dilakukan menunjukkan hasil t hitung sebesar 5,757 dengan signifikansi 0,000 dan nilai t pada t tabel yaitu 1,690. Dari hasil perhitungan tersebut maka didapatkan hasil yaitu t hitung yang lebih besar dibandingkan t tabel dan hasil signifikansi yang kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bahasa inggris siswa sebelum dan sesudah penerapan Quizizz, serta Quizizz mempengaruhi kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Sedangkan dari data persepsi siswa, didapatkan hasil baik pada hasil angket yang membuktikan bahwa siswa memiliki persepsi bahwa Quizizz efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Meskipun dalam implementasinya, Quizizz memiliki kelemahan yang harus diperbaiki, Quizizz juga memiliki kekuatan yang diakui oleh siswa dalam penerapannya di kelas Bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, Persepsi, Prestasi siswa, Proses pembelajaran, Quizizz |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Tio Defina Dolorosa Nainggolan |
Date Deposited: | 17 Jul 2021 12:43 |
Last Modified: | 17 Jul 2021 12:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6663 |
Actions (login required)
View Item |