Braneva, I Gede Widiada Adi (2021) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL BERSTRATEGI BLENDED LEARNING DI KELAS X SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051026-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051026-ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penyampaian materi mata pelajaran Sistem Komunikasi dan Digital masih menggunakan metode ceramah dan konten pembelajaran hanya berasal dari sumber bacaan statis seperti modul pembelajaran tanpa interaksi sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan serta mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap pengembangan konten interaktif mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital berstrategi blended learning di kelas X SMK Negeri 3 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ialah 31 orang peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui, diperoleh sebuah produk konten pembelajaran interaktif menggunakan teknologi Articulate Storyline 3 berstrategi blended learning yang didistribusikan melalui LMS Google Classroom dengan perolehan koefisien validitas ahli isi sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid dan tingkat validitas dengan koefisien validitas ahli media sebesar 1,00 berada dengan kriteria “Sangat Valid”. Selain itu, hasil rata-rata skor respon sebesar 68,9 yang berada pada kriteria “Sangat Praktis” oleh siswa serta rata-rata nilai sebesar 47 dalam kriteria “Sangat Praktis” oleh guru. Bagi pengembang konten interaktif selanjutnya diharapkan agar dapat melakukan penyempurnaan dan juga penambahan fitur-fitur pada media pengemas konten interaktif yang dikembangkan sendiri diluar pengembangan konten interaktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Konten Interaktif, Simulasi dan Komunikasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gede Widiada Adi Braneva |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 22:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 22:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6950 |
Actions (login required)
View Item |