NEEDS ANALYSIS OF SENIOR VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS AT FRONT OFFICE COURSE DURING THE COVID-19 PANDEMIC

Putra, I Gede Adiyana (2021) NEEDS ANALYSIS OF SENIOR VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS AT FRONT OFFICE COURSE DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081028-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081028-ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081028-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081028-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi target kebutuhan siswa sekolah menengah kejuruan di kelas front office; 2) mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa SMK dalam proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19; 3) mengetahui kendala yang dihadapi siswa SMK dalam belajar bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan sebagai desain dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah sembilan staf front office dari sembilan hotel berbeda di Bali, dua guru bahasa Inggris, dan lima puluh empat siswa di kelas front office. Subyek tersebut dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian kuesioner, wawancara mendalam, dan observasi kelas. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan teori yang diadaptasi dari Ary, Jacob, dan Sorensen (2010). Temuan kebutuhan target siswa dikelompokkan menjadi 1) alasan mengapa bahasa Inggris diperlukan, 2) cara bahasa Inggris dikomunikasikan, 3) saluran dalam berkomunikasi bahasa Inggris, 4) jenis wacana bahasa, 5) lawan bicara, 6 ) tempat komunikasi berlangsung, 7) fungsi bahasa, dan 8) bahasa Inggris yang dibutuhkan dalam pelayanan. Studi ini menemukan kebutuhan belajar siswa dalam hal strategi pengajaran, sumber belajar yang tersedia, pengaturan kursus, preferensi dalam belajar, motivasi, dan kebutuhan kondisi saat ini. Selain itu, kendala siswa ditemukan dalam beberapa aspek termasuk kemampuan bahasa Inggris, kinerja belajar, pemahaman bahasa Inggris, kemampuan guru dalam mengajar, pembelajaran online, dan pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisis kebutuhan, target kebutuhan, kebutuhan belajar, hambatan siswa, pandemi covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I GEDE ADIYANA PUTRA
Date Deposited: 22 Jul 2021 09:12
Last Modified: 22 Jul 2021 09:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item