PENGEMBANGAN ELECTRONIC DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK KANTOR DESA/KECAMATAN DI KECAMATAN BULELENG

Prasetyo, Tri Sucipto Hadi (2019) PENGEMBANGAN ELECTRONIC DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM UNTUK KANTOR DESA/KECAMATAN DI KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051060-COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051060-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
1515051060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051060-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan pemerintah terkait transaksi elektronik banyak memberikan tanggapan positif. Salah satunya adalah peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Jika sebelumnya dilakukan secara konvensional dengan adanya kebijakan ini, layanan pemerintah yang berhubungan dengan autentikasi seperti dokumen kependudukan dapat dilakukan secara elektronik dengan tetap memperhatikan keabsahannya. Dalam proses pelayanan yang terjadi saat ini, terdapat beberapa permasalahan seperti jarak antara rumah warga kantor desa dan jarak kantor desa ke kantor kecamatan, proses permohonan atau prosedur pembuatan dokumen yang kurang jelas artinya satu kategori dokumen tertentu memiliki format yang berbeda-beda, arsip dokumen yang kurang tertata baik di kantor desa maupun kantor kecamatan, penggunaan kertas berlebih yang menguras anggaran baik untuk kertas atau penyelenggaraan tempat khusus untuk kertas atau dokumen tertentu, penyelesaian dokumen terhambat hingga berhari-hari karena pejabat yang bertanggung jawab sebagai pengesah dokumen tidak berada ditempat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Kemudian, dalam pengembangan sistem ini menggunakan model waterfall. Terdapat tiga pengujian yang dilakukan yakni uji blackbox, whitebox, dan uji respon pengguna. Pengembangkan sistem ini telah melewati uji blackbox dan uji whitebox, hasilnya keseluruhan keluaran sudah sesuai dengan harapan. Uji respon pengguna yang dilakukan kepada lima role pengguna dan memperoleh hasil dengan rerata persentase yang berada dalam rentangan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: digital signature, e-government, sistem informasi, model waterfall, manajemen surat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Tri Sucipto Hadi Prasetyo
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:55
Last Modified: 25 Oct 2019 06:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item