I Wayan, Pastika (2019) Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali I Cupak Teken I Gerantang Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051077-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051077-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (505kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051077-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan game cerita rakyat Bali I Cupak teken I Grantang berbasis Android sebagai salah satu media untuk memperkenalkan dan mempertahankan keberadaan cerita rakyat Bali. Pada game ini akan disajikan permainan bertema petualangan dan disertai dengan cerita bergambar yang berisi narasi dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan cerita, game ini diharapkan dapat memberikan kesan yang lebih menarik dalam memahami cerita rakyat Bali khususnya cerita I Cupak teken I Grantang terutama di kalangan anak-anak dan Remaja. Pengembangan game cerita rakyat Bali I Cupak teken I Grantang berbasis Android menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Initiation, Pre-Production, Production, Testing, dan Release. Metode GDLC merupakan metode pengembangan khusus untuk pengembangan game. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa game cerita rakyat Bali I Cupak teken I Grantang berbasis Android yang dapat digunakan melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Hasil uji ahli isi memperoleh nilai validasi 1 dengan kriteria sangat tinggi, hasil uji ahli media memperoleh nilai validasi 0,84 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil uji lapangan dengan metode UEQ melibatkan 20 orang memperoleh hasil sangat baik sebagai media tentang cerita rakyat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Cerita Rakyat, Android |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I WAYAN PASTIKA |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 08:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 08:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/702 |
Actions (login required)
View Item |