Pengembangan E-Learning Berbasis Model Flipped Classroom Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika di SMP N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021

Nirarta, Anak Agung Gde Agung Dwi Angga (2021) Pengembangan E-Learning Berbasis Model Flipped Classroom Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika di SMP N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021004-COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021004-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021004-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui desain pengembangan pengembangan E-Learning model Flipped Classroom, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan E-Learning model Flipped Classroom pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP N 2 Singaraja, dan (3) mengetahui efektivitas E-Learning model Flipped Classroom pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMP N 2 Singaraja Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pencatatan dokumen, lembar kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif , deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: ) rancang bangun model e-learning berbasis flipped classroom pada mata pelajuaran matematiak meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) hasil uji validitas dari para ahli dan subjek uji coba produk mendapatkan predikat valid berdasarkan: hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (89%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi baik (80%), dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi baik (87%), hasil uji coba lapangan dengan kualifikasi baik (84%). (3) hasil efektifitas model pembelajaran e-learning berbasis flipped classroom pada mata pelajaran matematika mendapatkan t hitung 10.65 lebih besar dari t tabel 2.00 dengan db sebesar 60 dan taraf signifikasi 5%. Dengan demikian E-Learning model Flipped Classroom yang dikembangkan dinyatakan valid, dan layak digunakan sebagai salah satu model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-learning Berbasis Flipped Classroom, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Anak Agung Gde Agung Dwi Angga Nirarta
Date Deposited: 25 Jul 2021 23:19
Last Modified: 25 Jul 2021 23:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7231

Actions (login required)

View Item View Item